Selamat Datang di Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Blog ini merupakan hasil matakuliah Teknologi Komunikasi dan Informasi, namun tidak menutup kemungkinan Blog ini akan terus berkembang untuk kemajuan Dakwah Islam. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat menikmati bacaan yang ada. Semoga Bermanfaat. Amin

Selasa, 19 Juni 2012

Masjid Agung Jawa Tengah


Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid dengan arsitektur indah ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006. Kompleks masjid terdiri dari bangunan utama seluas 7.669 m2 dan halaman seluas 7.500 m2.  Masjid Agung Jawa Tengah terletak di jalan Gajah Raya, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.
Gugus Utama Masjid Agung Jawa Tengah terdiri atas bangunan utama masjid, bangunan sayap utara dan selatan, serta maidan. Fungsi utama gugus ini sebagai sarana ibadah. Pada bngunan-bangunan sayap ditambahkan fungsi lain, seperti fungsi pendidikan dan kemasyarakatan. Semua terletak di tengah tata-rupa (landscaping) yang dihiasi replika-replika menara Masjid Menara Kudus dan Beduq masjid Agung Purworejo. Di dekatnya akan ada pula pusat niaga dan penginapan. Masih ada lagi rumah dinas untuk penghulu Masjid Agung Jawa Tengah, berdekatan dengan Wisma Tamu, dekat gerbang samping Masjid Agung Jawa Tengah.

Bangunan utama masjid terdiri atas empat lantai. Lantai utama adalah lantai yang dicapai dari arah maidan, inilah Ruangan Salat Utama yang luasnya 50,4 X 50,4 m. Lantai ini dihubungkan dengan lantai-lantai lain melalui lift dan tangga biasa. Perluasan Ruangan Salat direncanakan ke segala arah, yaitu ke kanan dan kiri, ke lantai atas bangunan-bangunan sayap, keatas, lantai loteng (mezzanine) atas, dan juga kebawah, lantai loteng bawah.
Ruang Salat Utama sanggup menampung 4.000 orang jamaah, diatas masih ada lanati loteng, dimksudkan sebagai Ruangan Salat Wanita, berdaya tampung kurang lebih 1.000 orang. Sedang lantai loteng bawah berkapasitas 1.000 orang baik jamah pria maupun wanita. Perluasan ke samping arah kanan dan kiri, yaitu ke kedua bangunan sayap yang dihubungkan dengan jembatan pendek, masing-masing berkapasitas sekitar 1.000 orang juga. Jadi kapasitas keseluruhan Ruangan Salat dalam masjid agung Jawa Tengah kira-kira 8.000 orang.
Untuk peristiwa-peristiwa khusus, misalnya perayaan atau Salat Id, Masjid Agung Jawa Tengah masih mempunyai maidan yang mampu menampung 7.000 orang lagi. pada keadaan biasa, pekarangan ini sangat panas dibawah terik matahari Semarang. Maka maidan ini dilindungi oleh enam payung raksasa untuk melindungi jamaah dari sengatan matahari atau curahan air huja. Payung raksasa ini dapat dibuka dan ditutup secara otomatis, serupa dengan yang terdapat di Masjid Nabawi di Medinah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar